RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP …
Mata Pelajaran : Fisika
Tahun
Ajaran : 2011/2012
Kelas
/ Semester : VIII / Genap
Materi
Pokok : Bunyi
Waktu :
(2 X 40 menit)
Standar
Kompetensi
Memahami konsep dan
peranan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan konsep
bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
·
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·
Mebedakan macam-macam bunyi
A.Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat
1. Menjelaskan
pengertian bunyi
2. Menjelaskan
penyebab timbulnya bunyi
3. Menjelaskan
pengertian cepat rambat bunyi
4. Menjelaskan
pengertian infrasonik, audiosonik, ultrasonik
5. Menyebutkan
contoh infrasonic, audiosonik, ultrasonic
B.Materi Pembelajaran
BUNYI
1. Pengertian
bunyi
Bunyi
adalah energy gelombang yang berasal dari sumber bunyi, yaitu benda yang
bergetar.
2. Syarat
terjadinya bunyi ada tiga macam, yaitu:
Ø Ada
sumber bunyi
Ø Medium
Ø Pendengar
(penerima)
3. Hubungan
antara cepat rambat bunyi
V
= f x 1 atau v = λ/t = f λ
Dengan
: f = frekuensi
λ= panjang gelombang bunyi
T= periode (s)
s = jarak yang ditempuh (m)
4. Frekuensi
bunyi
1.bunyi
audio (audiosonik)
2.bunyi
infra (infasonik)
3.bunyi
ultra (ultrasonik)
C.
Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
·
Direct Instruction (DI)
2. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
eksperimen
D.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Guru mengabsen peserta didik
·
Aprsepsi
Mengingat kembali
kepada siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya “ Gelombang”
·
Motivasi
Guru menanyakan
kepada siswa
Mengapa senar gitar
yang kita petik terdengar
2. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru menjelaskan pengertian bunyi
·
Guru menyuruh siswa menyebutkan contoh
bunyi dalam kehidupan sehari - hari
·
Guru dan peserta didik menjelaskan
penyebab timbulnya bunyi
·
Guru menjelaskan syarat terjadinya dan
terdengarnya bunyi
·
Guru menjelaskan pengertian cepat rambat
bunyi
·
Guru menjelaskan perbedaan infrasonic,
audiosonik, ultrasonic
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang hal – hal yang belum dipahami
·
Guru memberikan beberapa soal untuk
melatih kemampuan siswa menentukan cepat
rambat bunyi di buku latihan.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Guru dan siswa menarik kesimpulan dari
materi yang di ajarkan tentang bunyi
·
Guru memberi tugas rumah (PR)
·
Guru menginformasikan pelajaran yang
akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·
Salam penutup
E.
Alat, media, dan sumber belajar
1. Alat dan media
·
papan tulis
·
-penghapus papan tulis
·
spidol
2.
Sumber belajar
·
Buku IPA : Belajar IPA membuka cakrawala
alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS , Penerbit : PT. Setia purna inves.
F. Penilaian
1.
Teknik penilaian n: bentuk lisan
2.
Bentuk instrument soal : tes uraian
3.
Instrumen
1. Jelaskan
pengertian bunyi ?
Jawab:
Bunyi
adalah suatu bentuk gelombang longitudinal yang merambat secara perapatan dan
regangan terbentuk oleh partikel zat perantara secara ditimbulkan oleh sumber yang
mengalami getaran.
2. Jalaskan
pengertian cepat rambat bunyi?
Jawab:
Cepat
rambat bunyi didefinisikan sebagai hasil bagi jarak antara sumber bunyi dan
pendengar dengan selang waktu yang diperlukan bunyi untuk merambat.
3. Jelaskan
pengertian infrasonic, audiosonik, ultrasonic?
Jawab:
Bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih
dari 20 hz
Bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara
20 hz sampai 20.000 hz
Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih
dari 20.000 hz.
4. Guruh
terdengar 4 detik setelah terjadi kilat, bila cepat rambat gelombang bunyi di
udara 350 m/s. hitunglah jarak terjadinya petir dengan pengamat?
Jawab:
Diketahui
: t = 4 sekon
v = 350 m/s
ditanya
: s….?
jawab
:
s = v x t
= 350 m/s x 4 sekon
= 1400 m.
Jadi
jarak terjadinya petir dengan pengamat adalah 1400 m.
5.
Jelaskan pengertian
infrasonic,audiosonik,ultrasonik?
Jawab:
Bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang
dari 20 Hz
Bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi 20 Hz
– 20.000 Hz
Bunuyi ultrasonic adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih
dari 20.000 Hz
Guru Pamong Palembang,
( … ) ( … )
Mengetahui,
Kepala sekolah SMP …
( … )
NIY
…
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP …
Mata
Pelajaran : Fisika
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Materi
pokok : Bunyi
Waktu
: (2 x
40 menit)
Standar
Kompetensi
Memahami konsep dan peranan getaran,
gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari – hari
Kompetensi
Dasar
Mendeskripskan konsep getaran dan gelombang serta parameter –
parameternya
Indikator
·
- Memaparkan
karakteristik nada dan resonansi
·
- Membedakan
antara gaung, gema, dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian resonansi
2. Menjelaskan
masalah yang ditimbulkan Resonansi
3. Menjelaskan
syarat terjadinya pemantulan bunyi
4. Menjelaskan
hukum pemantulan bunyi
5. Menyebutkan
jenis – jenis pantul
6. Membedakan
antara gaung dan gema
7. Menjelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari – hari
B.
Materi Pembelajaran
NADA
1. Pengertian
Nada
Nada
adalah bunyi yang frekuensinya teratur (tetap)
Deretan
nada perbandingan frekuensinya
C D E F G A B C
24 27 30 32 36 40 45 48
2. Resonansi
Resonansi adalah
peristiwa ikut bergetarnya suatu benda, karena pengaruh getaran benda lain
didekatnya.
Dengan rumus:
ℓ =
(2n - 1)
dengan : ℓ
= panjang kolom udara (m)
λ = panjang gelombang bunyi (m)
n = resonansi ke –n = 1,2,3
3. Pemantulan
bunyi
Hukum pemantulan bunyi:
1. Bunyi
dating, bunyi pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
2. Besar
sudut dating (i) sama denga sudut pantul (r).
4.
Macam – macam bunyi pantul
1. Gema
Gema adalah bunyi
pantul yang terdegar setelah bunyi asli sehingga bunyinya jelas.
2. Gaung
Gaung adalah bunyi pantul yang datangnya hanya
sebagian bersamaan dengan bunyi asli.
C.
Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran
·
Direct Intruction (DI)
2. Metode
pembelajaran
·
ceramah
·
Tanya jawab
·
eksperimmen
D.
Langkah – Langkah Pembelajran
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Guru mengabsen peserta didik
·
Apersepsi
Guru menanyakan kepada
siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “Bunyi”.
·
Motivasi
Mengapa
frekuensi bunyi garputala berubah ketika pukulannya berbeda?
2.
Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru menjelaskan pengertian resonansi
·
Guru menjelaskan masalah yang ditimbulkan
bunyi
·
Guru menjelaskan hokum pemantulan bunyi
·
Guru menjelaskan macam-macam bunyi pantul
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
·
Guru memberikan beberapa soal untuk
melatih kemampuan siswa Menentukan kedalaman air laut?
3.
kegiatan penutup (10 menit)
1. Guru
dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang diajarkan tentang nada dan
resonansi
2. Guru
memberikan ntugas rumah
3. Guru
menginformasikan pelajaran yang akkan di pellajari pada pertemuan selanjutnya
4. Salam
penutup
E.
Alat, media, dan sumber belajar
1. Alat dan media
1. Charta
2. Papan
tulis
3. Penghapus
papan tulis
4. Spidol
2.Sumber belajar
1. Buku
IPA : Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS,
penerbit : PT. Setia purna inves
F.
Penilaian
1.
Teknik penilaian : bentuk lisan
2.
bentuk instrumen : tes uraian
3.
instrumen
1. jelaskan deretan nada perbandingan
frekuensinya?
Jawab:
C D E F G A B C
24 27 30 32 36 40 45 48
a.
frekuensi nada C perbandingan frekuensi nada E adalah
jawab:
:
=
24 : 30
b.
frekuensi nada C berbanding frekuensi nada E adalah
:
=
24 : 36
2.Jelaskan hukum sudut dum pemantulan bunyi?
Jawab :
1.Bunyi
datang, bunyi pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar
2.
Besar sudut datang (i) sama dengan sudut pantul (r)
3. jelaskan macam-macam bunyi pantul
Jawab :
1.Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi
asli sehinggah bunyi nya jelas
2. Gaung
Gaung adalah bunyi pantul yang datang nya sebagian bersamaan dengan
bersamaan dengan bunyi asli.
4.Jika nada A sebesar 350 Hz, Hitung lah frekuensi nada 6.
Penyelesaian :
Dari deretan nada dan
frekuensipada tabeldi peroleh perbandingan frekeunsi pada tabel diperoleh
perbandingan frekuensi nada A dan G adalah 40 : 36
JadI
:
=
40 : 36
350 :
= 40 : 36
Dengan perkalian silang
diperoleh
x 40 = 350 Hz x 36
=
=
315 Hz
5.jelaskan syarat terjadinya resonansi?
Jawab :
Frekuensi yang sama dengan sumber
getarnya, resonansi dapat terjadi pada beberapa garputala yang berfrekuensi
sama jika salah satunya di getarkan.
Guru pamong Palembang
…
( … ) ( … .)
Mengetahui,
Kepala
Sekolah …
( … )
NIY
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP ….
Mata
Pelajaran : Fisika
Tahun
Ajaran : 2011 / 2012
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Materi
Pokok : Cahaya
Waktu : (2 x 40 menit)
Standar
Kompetensi
Memahami konsep dan
peranan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari – hari
Kompetensi
Dasar
Menyelidika sifat – sifat cahaya dan hubungannya dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa
Indikator
1. Merancang
dan melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat – sifat perambatan cahaya
2. Menjelaskan
hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
3. Mendeskripsikan
proses bagaimana cahaya merambat lurus
A.
Tujuan
Pembelajaran
Agar siswa dapat :
1. Memahami
pengertian cahaya
2. Membedakan
macam – macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
3. Mengamati
perambatan cahaya yang diperoleh melalui percobaan
4. Membedakan
pembentukkan bayangan umbra dan bayangan penumbra
5. Menyebutkan
bunyi hukum pemantulan
6. Membedakan
pemantulan teratur dan pemantulan baur
A.
Materi
Pembelajaran
CAHAYA
1. Pengertian
Cahaya
Cahaya adalah salah
satu bentuk gelombang yang merambat tanpa medium
2. Macam
– macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
1. Opaque
(benda tak tembus cahaya), yaitu benda yang sama sekali tiddak meneruskan
cahaya yang mengenainya.
Contohnya
: buku,papan,dinding dan sebagainya
2. Transparan
(benda tembus cahaya), yaitu benda yang meneruskan sebagai besar cahaya yang
mengenainya.
Contohnya
: air,udara,kaca bening,dan lain sebagainya.
3. Translusen
(benda buram), yaitu benda yang meneruskan sebagian cahaya yang mengenainya.
Contohnya
: kaca buram, kertas tipis, dan lain sebagainya.
3. Cahaya
merambat lurus
4. Cahaya
merambat dengan lintasan lurus pada sebuah lubang di suatu ruangan.
4. Pembentukan
bayangan umbra dan penumbra
5. Bayangan
umbra : bayangan – bayangan inti
6. Bayangan
penumbra : bayangan – bayangan kabur
5. Pemantulan
cahaya
a. Pemantulan
teratur
b. Pemantulan
baur (difus)
Hukum pemantulan cahaya
1. Sinar
datang, garis normal, sinar pantul, terletak dalam satu bidang datar
2. Besar
sudut datang sama dengan sudut pantul
A.
Metode
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran
1. Direct
Intruction (DI)
2. Metode
Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya
jawab
c. Eksperimen
A.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
pendahuluan (10 menit)
a. Guru
mengabsen peserta didik
b. Apersepsi
Guru menanyakan kepada
siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “ Nada”.
c. Motivasi
d. Guru
menanyakan kepada siswa :
1. Mengapa
benda terlihat ditempat yang terang?
2. Apa
yang orang tua lakukan ketika listrik padam?
2. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Guru
menjelaskan pengertian cahaya
2. Guru
menjelaskan macam – macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
3. Guru
mendemonstrasikan peristiwa perambatan cahaya dan siswa memperhatikan
4. Guru
menjelaskan pembentukkan bayangan umbra dan penumbra melalui demonstrasi dan
guru meminta siswa membedakan antara bayangan umbra dan penumbra
5. Guru
menjelaskan bunyi hukum pemantulan
6. Guru
menjelaskan perbedaan pemantulan teratur dan pemantulan tidak teratur
3.
Kegiatan penutup (10 menit)
1. Guru
meminta siswa menyimpulkan kembali materi yang diajarkan
2. Guru
memberikan soal latihan
3. Salam
penutup
A.
Alat,
media, dan sumber belajar
1.
Alat
dan media pembelajaran
1. Charta
2. Papan
tulis
3. Penghapus
papan tulis
4. Spidol
2.
Sumber
belajar
1. Buku
IPA : Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VIII SMP dan MTS,
penerbit PT. setia purna inves.
B.
Penelian
1. Teknik
Penilaian : bentuk lisan
2. Bentuk
instrument : tes uraian
3. Instrument
1. Apa
yang dimaksud dengan bayangan umbra dan penumbra?
Jawab:
a. Bayangan
umbra adalah bayangan – bayangan inti
b. Bayangan
penumbra adalah bayangan – bayangan kabur
2. Sebutkan
bunyi hukum pemantulan cahaya?
Jawab:
a. Sinar
datang, garis normal, dan sinar pantul terletak dalam satu bidang datar
b. Besar
sudut datang sama dengan sudut pantul
Guru pamong Palembang,
….
( … ) ( … )
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP …
( … )
NIY:
…
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : ….
Mata
Pelajaran : Fisika
Tahun
Ajaran : 2011/ 2012
Kelas
/ Semester : VIII / Genap
Materi
Pokok : Cahaya
Waktu : (2 X 40 menit)
Standar
Kompetensi
Memahami konsep dan
peranan getaran, gelombang optika dalam produk teknologi sehari – hari
Kompetensi
Dasar
Menyelidiki sifat –
sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
Indikator
a. Menjelaskan
bentukan bayangan pada cermin
b. Mendeskripsikan
proses pembentukkan dan sifat – sifat
bayangan pada cermin datar.
A.Tujuan
Pembelajaran
Agar siswa dapat :
a. Memahami
pengertian cermin
b. Memahami
sifat – sifat bayangan pada cermin
c. Mengamati
pembentukkan pada cermin
d. Memahami
penomoran ruang benda bayangan pada cermin
e. Menjelaskan
proses pembentukkan dan sifat – sifat bayangan pada cermin
B.
Materi Pembelajaran
CERMIN
1.Pengertian Cermin
Cermin merupakan suatu
benda yang sangat halus dan mampu membentuk cahaya
2.sifat bayangan dalam
cermin
1. cermin datar
2. cermin cekung
3. cermin cembung
3. pembentukkan
bayangan pada cermin
Cermin datar
1.ketika kita
bercermin, bayangan kita tidak pernah dapat di pegang ditangkap dengan
layar,bayangan seperti itu disebutkan bayangan seperti itu disebut bayangan
maya atau semu.
2.bayangan maya selalu
terletak di belakang cermin, bayangan ini terbentuk karena sinar – sinar
pantulan teratur pada cermin.
Cermi cekung
Jika kita bercermin
pada cermin cekung, kita tidak akan mendapatkan bayangan selalu di belakang
cermin.
Cermin cembung
Pembentukkan
bayangan pada cermin cembung. Bayangan yang terbentuk pada cermin cembung
selalu maya dan berada di belakang cermin. Mengapa demikian? Secara grafik kita
cukup menggunakan dua berkas sinar untuk mendapatkan bayangan pada cermin
cembung
C.Metode
Pembelajaran
1.model pembelajaran
1. Direct
instruction (DI)
2.metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
D.Langkah
– langkah pembelajaran
1.
kegiatan pendahuluan (10 menit)
1.
Guru mengabsen peserta didik
2. Apersepsi
Guru menanyakan kepada
siswa mengenain materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “cahaya”.
3. Motivasi
Guru
menanyakan kepada siswa
Mengapa
kita berkaca tidak menggunakan cermin cekung atau cermin cembung?
2.Kegiatan
Inti (60 menit)
a. Guru
menjelaskan pengertian cermin
b. Guru
menjelaskan sifat – sifat cermin
c. Guru
menjelaskan pembentukkan bayangan pada cermin
d. Guru
menjelaskan penomoran ruang benda dan bayangan pada cermin
e. Guru
menjelaskan perbedaan cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung
3.Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Guru
meminta siswa menyimpulkan kembali materi yang telah di ajarkan
b. Guru
memberikan contoh soal
c. Salam
penutup
E.
Alat, media, dan sumber belajar
1.
Alat dan media pembelajaran
a. Charta
b. Papan
tulis
c. Penghapus
papan tulis
2.
Sumber belajar
1. Buku
IPA : Belajar IPA membuka cakrawala Alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS,
penerbit : PT. Setia Purna Inves.
F.
Penilaian
1. Teknik penilaian :
Bentuk lisan
2. Bentuk instrument :
soal tes uraian
3. Instrumen
1.
sebuah benda dilatakkan 20 cm di depan cermin cekung yang mempunyai jari –
jari kelengkungan 30 cm.
a.
tentukan letak bayangan yang terbentuk dan sebutkan sifat – sifatnya.
b.
hitunglah perbesaran bayangan.
Jawab
:
Diket:
so = 20 cm
R = 30 cm
Si’M
=…?
Jawab :
a. Gunakan
rumus:
=
+
(ingat, f =
R)
=
+
=
-
=
=
si = 60 cm
sifat bayangan nyata,
terbalik, dan diperbesar serta terletak di ruang III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar