Selasa, 30 Oktober 2012

RPP SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama  Sekolah                       :  SMP …
Mata Pelajaran                      :  Fisika          
Tahun Ajaran                          :  2011/2012
Kelas / Semester                    :  VIII / Genap
Materi Pokok                         :  Bunyi
Waktu                                                :  (2 X 40 menit)

Standar Kompetensi
Memahami konsep dan peranan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
·         Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·         Mebedakan macam-macam bunyi

A.Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat
1.      Menjelaskan pengertian bunyi
2.      Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi
3.     Menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi
4.     Menjelaskan pengertian infrasonik, audiosonik, ultrasonik
5.     Menyebutkan contoh infrasonic, audiosonik, ultrasonic
 
B.Materi Pembelajaran
     BUNYI
1.      Pengertian bunyi
Bunyi adalah energy gelombang yang berasal dari sumber bunyi, yaitu benda yang bergetar.
2.   Syarat terjadinya bunyi ada tiga macam, yaitu:
Ø  Ada sumber bunyi
Ø  Medium
Ø  Pendengar (penerima)
3.   Hubungan antara cepat rambat bunyi
V = f x 1 atau v  = λ/t = f λ
Dengan : f = frekuensi
                λ= panjang gelombang bunyi
                T= periode (s)
                s = jarak yang ditempuh (m)
4.   Frekuensi bunyi
1.bunyi audio (audiosonik)
2.bunyi infra (infasonik)
3.bunyi ultra (ultrasonik)

C. Metode Pembelajaran
     1. Model Pembelajaran
·         Direct Instruction (DI) 
     2. Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         eksperimen
 
D. Langkah – Langkah Pembelajaran
     1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Guru mengabsen peserta didik
·         Aprsepsi
           Mengingat kembali kepada siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya “ Gelombang”
·         Motivasi
           Guru menanyakan kepada siswa
           Mengapa senar gitar yang kita petik terdengar
        
     2. Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian bunyi
·         Guru menyuruh siswa menyebutkan contoh bunyi dalam kehidupan sehari - hari       
·         Guru dan peserta didik menjelaskan penyebab timbulnya bunyi
·         Guru menjelaskan syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
·         Guru menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi
·         Guru menjelaskan perbedaan infrasonic, audiosonik, ultrasonic
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal – hal yang belum dipahami
·         Guru memberikan beberapa soal untuk melatih kemampuan siswa menentukan cepat      rambat bunyi di buku latihan.  

  
 
     3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang di ajarkan tentang bunyi
·         Guru memberi tugas rumah (PR)
·         Guru menginformasikan pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·         Salam penutup
 
E. Alat, media, dan sumber belajar
    1. Alat dan media
·         papan tulis
·         -penghapus papan tulis
·         spidol
    2. Sumber belajar
·         Buku IPA : Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS , Penerbit : PT. Setia purna inves.

 
F. Penilaian
1. Teknik penilaian n: bentuk lisan
2. Bentuk instrument soal : tes uraian
3. Instrumen

1.   Jelaskan pengertian bunyi ?
Jawab:
Bunyi adalah suatu bentuk gelombang longitudinal yang merambat secara perapatan dan regangan terbentuk oleh partikel zat perantara secara ditimbulkan oleh sumber yang mengalami getaran.

2.   Jalaskan pengertian cepat rambat bunyi?
Jawab:
Cepat rambat bunyi didefinisikan sebagai hasil bagi jarak antara sumber bunyi dan pendengar dengan selang waktu yang diperlukan bunyi untuk merambat.

3.   Jelaskan pengertian infrasonic, audiosonik, ultrasonic?
Jawab:
         Bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20 hz
         Bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 hz sampai 20.000 hz
         Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 hz.

 
4.   Guruh terdengar 4 detik setelah terjadi kilat, bila cepat rambat gelombang bunyi di udara 350 m/s. hitunglah jarak terjadinya petir dengan pengamat?
Jawab:
Diketahui : t = 4 sekon
                   v = 350 m/s
ditanya : s….?
jawab :
              s = v x t
                 = 350 m/s x 4 sekon
                 = 1400 m.
Jadi jarak terjadinya petir dengan pengamat adalah 1400 m.

5.   Jelaskan pengertian infrasonic,audiosonik,ultrasonik?
Jawab:
         Bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz
         Bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi 20 Hz – 20.000 Hz
         Bunuyi ultrasonic adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz

 
Guru Pamong                                                                                      Palembang,



(                   )                                                                                   (                   )
                                                                                                           
                                                            Mengetahui,
                                    Kepala sekolah SMP …


                                                            (                   )
                                                            NIY  


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMP …
Mata Pelajaran                      : Fisika
Tahun Pelajaran                   : 2011/2012
Kelas / Semester                     : VII / Genap
Materi pokok                         : Bunyi
Waktu                                    : (2 x 40 menit)

Standar Kompetensi
   Memahami konsep dan peranan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari – hari

Kompetensi Dasar
         Mendeskripskan konsep getaran dan gelombang serta parameter – parameternya

Indikator
·    - Memaparkan karakteristik nada dan resonansi
·    - Membedakan antara gaung, gema, dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
 

A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat:
1.   Menjelaskan pengertian resonansi
2.   Menjelaskan masalah yang ditimbulkan Resonansi
3.   Menjelaskan syarat terjadinya pemantulan bunyi
4.   Menjelaskan hukum pemantulan bunyi
5.   Menyebutkan jenis – jenis pantul
6.   Membedakan antara gaung dan gema
7.   Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari – hari


 
B. Materi Pembelajaran
    NADA
1.     Pengertian Nada
Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur (tetap)
Deretan nada perbandingan frekuensinya
C            D         E          F          G         A         B         C
24          27        30        32        36        40        45        48

2.      Resonansi
Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda, karena pengaruh getaran benda lain didekatnya.
Dengan rumus:
ℓ =  (2n - 1)
dengan : ℓ = panjang kolom udara (m)
              λ = panjang gelombang bunyi (m)
              n = resonansi ke –n = 1,2,3
3.      Pemantulan bunyi
Hukum pemantulan bunyi:
1.      Bunyi dating, bunyi pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
2.      Besar sudut dating (i) sama denga sudut pantul (r).

 

4.  Macam – macam bunyi pantul
     1. Gema
          Gema adalah bunyi pantul yang terdegar setelah bunyi asli sehingga bunyinya jelas.
      2. Gaung
          Gaung adalah bunyi pantul yang datangnya hanya sebagian bersamaan dengan bunyi asli.

 

C. Metode Pembelajaran
     1. Model pembelajaran
·         Direct Intruction (DI)
      2. Metode pembelajaran
·         ceramah
·         Tanya jawab
·         eksperimmen

D. Langkah – Langkah Pembelajran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Guru mengabsen peserta didik
·         Apersepsi
Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “Bunyi”.
·         Motivasi
Mengapa frekuensi bunyi garputala berubah ketika pukulannya berbeda?
2. Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian resonansi
·         Guru menjelaskan masalah yang ditimbulkan bunyi
·         Guru menjelaskan hokum pemantulan bunyi
·         Guru menjelaskan macam-macam bunyi pantul
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
·         Guru memberikan beberapa soal untuk melatih kemampuan siswa Menentukan kedalaman air laut?
 

 
3. kegiatan penutup (10 menit)
1.      Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang diajarkan tentang nada dan resonansi
2.      Guru memberikan ntugas rumah
3.      Guru menginformasikan pelajaran yang akkan di pellajari pada pertemuan selanjutnya
4.      Salam penutup


E. Alat, media, dan sumber belajar
     1. Alat dan media
1.      Charta
2.      Papan tulis
3.      Penghapus papan tulis
4.      Spidol
      2.Sumber belajar
1.      Buku IPA : Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS, penerbit : PT. Setia purna inves
F. Penilaian
1. Teknik penilaian : bentuk lisan
2. bentuk instrumen : tes uraian
3. instrumen
    1. jelaskan deretan nada perbandingan frekuensinya?
        Jawab:
        C         D         E          F          G         A         B         C
        24        27        30        32        36        40        45        48
 
a. frekuensi nada C perbandingan frekuensi nada E adalah
        jawab:
         :  = 24 : 30
b. frekuensi nada C berbanding frekuensi nada E adalah
 :  = 24 : 36

2.Jelaskan hukum sudut dum pemantulan bunyi?
            Jawab :
1.Bunyi datang, bunyi pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar
2. Besar sudut datang (i) sama dengan sudut pantul (r)
3. jelaskan macam-macam bunyi pantul
Jawab :
1.Gema adalah  bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli sehinggah bunyi nya jelas
2. Gaung
    Gaung adalah bunyi pantul yang datang nya sebagian bersamaan dengan bersamaan dengan bunyi asli.

 
4.Jika nada A sebesar 350 Hz, Hitung lah frekuensi nada 6.
Penyelesaian :
Dari deretan nada dan frekuensipada tabeldi peroleh perbandingan frekeunsi pada tabel diperoleh perbandingan frekuensi nada A dan G adalah 40 : 36
JadI
 :  = 40 : 36
350 : = 40 : 36
Dengan perkalian silang diperoleh
x 40 = 350 Hz x 36
 =
 = 315 Hz

5.jelaskan syarat terjadinya resonansi?
            Jawab :
            Frekuensi yang sama dengan sumber getarnya, resonansi dapat terjadi pada beberapa garputala yang berfrekuensi sama jika salah satunya di getarkan.
 
Guru pamong                                                                                      Palembang …


(                   )                                                                                   (                   .)
                                                                                                                       


                                                                        Mengetahui,
                                                Kepala Sekolah …


                                                                        (                   )
                                                              NIY



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah       : SMP ….
Mata Pelajaran     : Fisika
Tahun Ajaran       : 2011 / 2012
Kelas / Semester    : VII / Genap
Materi Pokok        : Cahaya
Waktu                    : (2 x 40 menit)


Standar Kompetensi
Memahami konsep dan peranan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari – hari

Kompetensi Dasar
        Menyelidika sifat – sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa

Indikator
1.      Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat – sifat perambatan cahaya
2.      Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
3.      Mendeskripsikan proses bagaimana cahaya merambat lurus
 
A.    Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat :
1.      Memahami pengertian cahaya
2.      Membedakan macam – macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
3.      Mengamati perambatan cahaya yang diperoleh melalui percobaan
4.      Membedakan pembentukkan bayangan umbra dan bayangan penumbra
5.      Menyebutkan bunyi hukum pemantulan
6.      Membedakan pemantulan teratur dan pemantulan baur

 
A.    Materi Pembelajaran
CAHAYA
1.      Pengertian Cahaya
Cahaya adalah salah satu bentuk gelombang yang merambat tanpa medium
2.      Macam – macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
1.      Opaque (benda tak tembus cahaya), yaitu benda yang sama sekali tiddak meneruskan cahaya yang mengenainya.
Contohnya : buku,papan,dinding dan sebagainya
2.      Transparan (benda tembus cahaya), yaitu benda yang meneruskan sebagai besar cahaya yang mengenainya.
Contohnya : air,udara,kaca bening,dan lain sebagainya.
3.      Translusen (benda buram), yaitu benda yang meneruskan sebagian cahaya yang mengenainya.
Contohnya : kaca buram, kertas tipis, dan lain sebagainya.

3.      Cahaya merambat lurus
4.      Cahaya merambat dengan lintasan lurus pada sebuah lubang di suatu ruangan.

4.      Pembentukan bayangan umbra dan penumbra
5.      Bayangan umbra : bayangan – bayangan inti
6.      Bayangan penumbra : bayangan – bayangan kabur

5.      Pemantulan cahaya
a.       Pemantulan teratur
b.      Pemantulan baur (difus)
Hukum pemantulan cahaya
1.      Sinar datang, garis normal, sinar pantul, terletak dalam satu bidang datar
2.      Besar sudut datang sama dengan sudut pantul

 
A.    Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran
1.      Direct Intruction (DI)
 
2.      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Eksperimen

A.    Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan pendahuluan (10 menit)
a.       Guru mengabsen peserta didik
b.      Apersepsi
Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “ Nada”.
c.       Motivasi
d.      Guru menanyakan kepada siswa :
1.      Mengapa benda terlihat ditempat yang terang?
2.      Apa yang orang tua lakukan ketika listrik padam?

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Guru menjelaskan pengertian cahaya
2.      Guru menjelaskan macam – macam benda berdasarkan pengaruh terhadap cahaya
3.      Guru mendemonstrasikan peristiwa perambatan cahaya dan siswa memperhatikan
4.      Guru menjelaskan pembentukkan bayangan umbra dan penumbra melalui demonstrasi dan guru meminta siswa membedakan antara bayangan umbra dan penumbra
5.      Guru menjelaskan bunyi hukum pemantulan
6.      Guru menjelaskan perbedaan pemantulan teratur dan pemantulan tidak teratur

3.   Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Guru meminta siswa menyimpulkan kembali materi yang diajarkan
2.      Guru memberikan soal latihan
3.      Salam penutup

 

A.    Alat, media, dan sumber belajar
1.      Alat dan media pembelajaran
1.      Charta
2.      Papan tulis
3.      Penghapus papan tulis
4.      Spidol
2.      Sumber belajar
1.      Buku IPA : Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VIII SMP dan MTS, penerbit PT. setia purna inves.
B.     Penelian
1.      Teknik Penilaian : bentuk lisan
2.      Bentuk instrument : tes uraian
3.      Instrument
1.      Apa yang dimaksud dengan bayangan umbra dan penumbra?
Jawab:
a.       Bayangan umbra adalah bayangan – bayangan inti
b.      Bayangan penumbra adalah bayangan – bayangan kabur
2.      Sebutkan bunyi hukum pemantulan cahaya?
Jawab:
a.       Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak dalam satu bidang datar
b.      Besar sudut datang sama dengan sudut pantul

 
Guru pamong                                                                                      Palembang, ….


(                   )                                                                                   (                   )
                                                                                                                       
                                                            Mengetahui,
                                                Kepala Sekolah SMP …


                                                            (                   )
                                                            NIY: …


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : ….
Mata Pelajaran                      : Fisika
Tahun Ajaran                       : 2011/ 2012
Kelas / Semester                     : VIII / Genap
Materi Pokok                         : Cahaya
Waktu                                                : (2 X 40 menit)

Standar Kompetensi
Memahami konsep dan peranan getaran, gelombang optika dalam produk teknologi sehari – hari

Kompetensi Dasar
Menyelidiki sifat – sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa

Indikator
a.       Menjelaskan bentukan bayangan pada cermin
b.      Mendeskripsikan proses pembentukkan dan sifat – sifat  bayangan pada cermin datar.
 
A.Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat :
a.       Memahami pengertian cermin
b.      Memahami sifat – sifat bayangan pada cermin
c.       Mengamati pembentukkan pada cermin
d.      Memahami penomoran ruang benda bayangan pada cermin
e.       Menjelaskan proses pembentukkan dan sifat – sifat bayangan pada cermin

 

B. Materi Pembelajaran
CERMIN
1.Pengertian Cermin
Cermin merupakan suatu benda yang sangat halus dan mampu membentuk cahaya
2.sifat bayangan dalam cermin
1. cermin datar
2. cermin cekung
3. cermin cembung
3. pembentukkan bayangan pada cermin
Cermin datar
1.ketika kita bercermin, bayangan kita tidak pernah dapat di pegang ditangkap dengan layar,bayangan seperti itu disebutkan bayangan seperti itu disebut bayangan maya atau semu.
2.bayangan maya selalu terletak di belakang cermin, bayangan ini terbentuk karena sinar – sinar pantulan teratur pada cermin.
Cermi cekung
Jika kita bercermin pada cermin cekung, kita tidak akan mendapatkan bayangan selalu di belakang cermin.
Cermin cembung
Pembentukkan bayangan pada cermin cembung. Bayangan yang terbentuk pada cermin cembung selalu maya dan berada di belakang cermin. Mengapa demikian? Secara grafik kita cukup menggunakan dua berkas sinar untuk mendapatkan bayangan pada cermin cembung
 

C.Metode Pembelajaran
1.model pembelajaran
1.      Direct instruction (DI)
2.metode pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab

 

D.Langkah – langkah pembelajaran
1. kegiatan pendahuluan (10 menit)
1.      Guru mengabsen peserta didik
2.      Apersepsi
Guru menanyakan kepada siswa mengenain materi pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang “cahaya”.
3.      Motivasi
Guru menanyakan kepada siswa
Mengapa kita berkaca tidak menggunakan cermin cekung atau cermin cembung?
2.Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Guru menjelaskan pengertian cermin
b.      Guru menjelaskan sifat – sifat cermin
c.       Guru menjelaskan pembentukkan bayangan pada cermin
d.      Guru menjelaskan penomoran ruang benda dan bayangan pada cermin
e.       Guru menjelaskan perbedaan cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru meminta siswa menyimpulkan kembali materi yang telah di ajarkan
b.      Guru memberikan contoh soal
c.       Salam penutup

 
E. Alat, media, dan sumber belajar
1. Alat dan media pembelajaran
a.       Charta
b.      Papan tulis
c.       Penghapus papan tulis
2. Sumber belajar
1.      Buku IPA : Belajar IPA membuka cakrawala Alam sekitar untuk kelas VII SMP dan MTS, penerbit : PT. Setia Purna Inves.
F. Penilaian


1. Teknik penilaian : Bentuk lisan
2. Bentuk instrument : soal tes uraian
3. Instrumen
1. sebuah benda dilatakkan 20 cm di depan cermin cekung yang mempunyai jari – jari       kelengkungan 30 cm.
a. tentukan letak bayangan yang terbentuk dan sebutkan sifat – sifatnya.
b. hitunglah perbesaran bayangan.
Jawab :
Diket: so  = 20 cm
R   = 30 cm
Si’M =…?
Jawab :
a.       Gunakan rumus:  =  +  (ingat, f =  R)
 =  +
 =  -
=
=
si = 60 cm
sifat bayangan nyata, terbalik, dan diperbesar serta terletak di ruang III



Tidak ada komentar:

Posting Komentar